12 Barisan di Alam Padang Mahsyar oleh Rasulullah SAW

Suatu ketika, Muaz bin Jabal r. a menghadap Rasullullah s. a. w dan bertanya: “Wahai Rasullullah, tolong huraikan kepadaku mengenai firman Allah saw: “Pada saat sangkakala ditiup, maka kamu sekalian datang berbaris-baris” -(Surah an-Naba':18) Mendengar pertanyaan itu, baginda menangis hingga basah pakaiannya. Lalu Baginda menjawab:”Wahai Muaz, engkau telah bertanyakan kepada aku, perkara yang amat besar, bahawa umatku akan digiring, dikumpulkan berbaris-baris menjadi 12 barisan, masing-masing dengan pembawaan mereka sendiri. Maka dinyatakan apakah 12 barisan berkenanaan iaitu:

BARISAN PERTAMA Diiringi dari kubur dengan tidak bertangan dan berkaki. Keadaan mereka ini dijelaskan melalui satu seruan dari sisi Allah Yang Maha Pengasih: ” Mereka itu adalah orang-orang yang ketika hidupnya menyakiti hati jirannya, maka ini balasannya, dan tempat kembali mereka adalah neraka.

BARISAN KEDUA Diiringi dari kubur berbentuk babi hutan. Datanglah suara dari sisi Allah yang maha pengasih: “Mereka itu adalah orang yang ketika hidupnya meringankan solat, maka inilah balasannya, dan tempat kembalinya adalah neraka.

BARISAN KETIGA Mereka berbentuk keldai, sedangkan perut mereka penuh dengan ular dan kala jengking. “Meraka ini adalah orang yang enggan membayar zakat, maka inilah balasannya, dan tempat kembali mereka adalah neraka..

BARISAN KEEMPAT Diiringi dari kubur dengan keadaan darah seperti air pancutan keluar dari mulut mereka. “Mereka ini adalah orang yang berdusta didalam jual beli, maka inilah balasannya, dan tempat mereka adalah neraka..

BARISAN KELIMA Diiringi dari kubur dengan bau busuk daripada bangkai. Ketika itu Allah s. a. w menurunkan angin sehingga bau busuk itu mengganggu ketenteraman di Padang Mahsyar. “Mereka ini adalah orang yang menyembunyikan perlakuan derhaka takut diketahui manusia, tetapi tidak pula rasa takut kepada Allah s. a. w, maka inilah balasannya, dan tempat kembali mereka adalah neraka.

BARISAN KEENAM Diiringi dari kubur dengan keadaan kepala mereka terputus dari badan. “Mereka adalah orang yang menjadi saksi palsu, maka inilah balasannya, dan tempat kembali mereka adalah neraka.

BARISAN KETUJUH Diiringi dari kubur tanpa mempunyai lidah dari mulut mereka mengalir keluar nanah dan darah. “Meraka itu adalah orang yang enggan memberi kesaksian di atas kebenaran, maka inilah balasannya, dan tempat kembali mereka adalah neraka.

BARISAN KELAPAN Diiringi dari kubur dalam keadaan terbalik degan kepala kebawah dan kaki keatas. ” Meraka adalah orang yang berbuat zina, maka inilah balasannya, dan tempat kembali mereka adalah neraka.. “BARISAN KESEMBILAN Diiringi dari kubur dengan berwajah hitam gelap dan bermata biru , sementara dalam diri mereka penuh dengan api gemuruh. ” Mereka itu adalah orang yang makan harta anak yatim dengan cara haram, maka inilah balasannya, dan tempat kembali mereka adalah neraka.

BARISAN KESEPULUH Diiringi dari kubur mereka dalam keadaan tubuh mereka penuh dengan sopak dan kusta. “Mereka adalah orang yang derhaka kepada orang tuanya, maka inilah balasannya, dan tempat kembali mereka adalah neraka..

BARISAN KESEBELAS Diiringi dari kubur mereka dengan berkeadaan buta, gigi mereka memanjang seperti tanduk lembu jantan, bibir mereka melebar sampai kedada dan lidah mereka terjulur memanjang sampai keperut, dan keluar beraneka kotoran. “Mereka adalah orang yang minum arak, maka inilah balasannya, dan tempat kembali mereka adalah neraka

BARISAN KEDUA BELAS Mereka diiringi dari kubur dengan wajah yang bersinar-sinar laksana bulan purnama. Mereka melalui titian sirat seperti kilat. Maka, datanglah suara dari sisi Allah Yang Maha Pengasih memaklumkan: “Mereka adalah orang yang beramal soleh dan banyak berbuat baik. Mereka menjauhi perbuatan derhaka, mereka memelihara solat lima waktu, ketika meninggal dunia keadaan mereka bertaubat, maka inilah balasannya, dan tempat kembali mereka adalah syurga, mendapat keampunan, kasih sayang, dan keredhaan Allah yang maha pengasih.

Tinggalkan komentar

42 Komentar

  1. Gilang

     /  Januari 3, 2008

    duh kita masuk ke barisan mana ya…
    moga kita semua masuk ke barisan 12 amiiinnnn…

    Balas
  2. masih jauh dari kelompok 12..
    butuh perjuangan keras untuk sampai pada kelompok ini..
    tapi ini juga sudah merupakan tujuan hidupku..
    dan aku berharap semoga tujuanku ini tercapai..
    doain yawh..

    Balas
  3. fitri

     /  Januari 5, 2008

    duh.. serem serem banget hukumannya di alam sana,
    maka lebih baik secepatnya mulai sekarang bertobat, minta pengampunan karena kita gak tau sampe kapan kita bisa hidup di dunia ini.
    Ntar takutnya gak keburu tobat..

    Balas
  4. Barisan Ke 12 ???? waduh, mustahil bgd Gue masuk sana… Dosa Gue uda segunung gini.. hehehehe

    Balas
  5. izhoeld

     /  Januari 5, 2008

    masuk ke kelompok 12 ???
    kayanya aku gak pantes masuk ke kelompok 12
    hidupku hanya untuk mencari keridhoan Allah
    amin

    Balas
  6. Agaknya bakal jauh dari antrian nomor 12, apabila kita tidak segera meningkatkan kualitas hidup kita dan segera memperbaiki diri.. Yuukkk segera kita berbuat kebaikan … LET”S GO CLEAN !!!! … Bersih dihati, Bersih diri dari perbuatan perbuatan kotor, Bersih otak dari pikiran pikiran kotor … Pokoknya sekaranglah waktunya bersih bersih …

    Balas
  7. ziziheart

     /  Januari 5, 2008

    Terima kasih semua yang udah mo kasih komentar…
    Jadilah kita semua masuk di kelompok 12 walaupun itu sulit tapi pintu tobat masih terbuka lebar untuk kita…
    Chayooooo

    Balas
  8. Diela

     /  Februari 3, 2008

    duhh, pasti aku masuk barisan uatama. he3x. (diela_mjn@telkom.net)

    Balas
  9. gizza

     /  Februari 13, 2008

    dari dulu aku dah masuk barisan ke 12…
    saat masuk jadi anggota baris-berbaris disekolahan..hehehe…

    Balas
  10. gnw

     /  Maret 18, 2008

    akankah tuhan mengampuni dosa2 ku?sedang dunia ini rasanya tak mampu menampung dosa2 ku……….ya Tuhaaan….ku tak pantas menjadi hambamu yang kau pilih untuk surgamu,tapi ku tak kuasa menjadi orang yang kau laknat.sekiranyaaaa……tuntunlah aku dari kebutaan iniuntuk menuju jalan mu. Amiiiiiin

    Balas
  11. DELLA OSAMA

     /  Maret 18, 2008

    JANGAN CUMA BACA TAPI PAHAMILAH BAHWA KITA HIDUP TIDAK KEKAL DAN INGAT BAHWA ALLAH SELALU BERSAMA KITA,INSYA ALLAH KITA ADA DI BARIS 12

    Balas
  12. jadi takut maksiat,Allah maha pengampun dan pasti mengampuni hamba yang benar2 bertobat nasuha

    Balas
  13. Firm@n

     /  Juni 4, 2008

    Astagfirullah aladzim……!!!
    Ya Allah Ampuni segala dosa hambamu ini…..yang banyak bergelimang dosa…….!!!jadikanlah aku orang yang beruntung di sisi mu…!!tuntunlah hambamu ini di jalanmu yang lurus dan kau ridhoi……!!!Apakah aku termasuk orang yang laknat di hadapanmu ya Allah…..!!!!
    Smoga aku selalu dalam tuntunanmu ya Allah….!!!Amin….!!!!

    Balas
  14. salam, maaf nak bertanya, cerita di atas sahih atau tak? blh tak tlg letakkan sekali perawinya?

    maaf, bukan sebab nak timbulkan perpecahan dan ketidakpercayaan, tapi, saya mahu keyakinan dalam beramal, maafkan saya kalau permintaan saya ini tak menyenangkan hati kalian

    salam muhasabah

    Balas
  15. ariesta

     /  Juli 27, 2008

    naudzubillahimindzalik…..jangan sampe kita umat nabi Muhammad Saw masuk ke barisan 1-11 semoga Qta insyaAllah masuk dalam barisan ke 12
    amin..yaa..robbal aalamin…

    Balas
  16. kata_tata

     /  Desember 4, 2008

    aku ngerasa amat tidak layak msuk dalam line up 12..
    tapi aku juga dak sanggup tok line up 1 ampe 11..

    ya allah bimbinglah hamba mu ini,agar sampe line up 12…amien

    Balas
  17. SONNY

     /  Januari 23, 2009

    Ya Allah berikanlah Aku kekuatan agar tetap iman dan takwa kepadamu
    sampai akhir hayatku, jauhkan aku dari segala yang menimbulkan dosa,
    masukan Aku,anak2ku dan istriku,orang tuaku, saudara2ku serta seluruh orang2 islam beriman dan bertakwa, masukan kami kedalam SURGA FIRDAUS-MU amiin ya robbal ‘alamiin…….

    Balas
  18. ramadani

     /  April 11, 2009

    semoga kita selalu menunaikan amal ibadat supaya kita di redhai-Nya… subhanallah… segala puji-pujian bagi-Nya…

    Balas
  19. ramadani

     /  April 18, 2009

    saya berharap semua umat islam di muka bumi ini mendapat syafaat dari rasulullah s.a.w dan Allah S.W.T dan masuk ke barisan yang kedua belas…insya-ALLAH

    Balas
  20. rose

     /  Juni 22, 2009

    setelah melihat barisan2 ini…pastinya semua ingin berada di barisan ke dua belas…untuk itu apa lagi tunggu…jomlah kita bertaubat..

    Balas
  21. ramadani

     /  Juli 15, 2009

    assalamualaikum kepada muslimin dan muslimat, di harap anda semua insaf akan diri anda sendiri kerana dunia ini sudah tua.. kita tidak tahu apa akan terjadi terhadap kita.. sebutlah, kerjakanlah kebaikan dmulakan dengan nama Allah S.W.T.. wassalam…

    Balas
  22. SURYANA

     /  Agustus 8, 2009

    maha suci ALLAH kita senantiasa harus taqwa selalu AMIN.

    Balas
  23. tyo

     /  Oktober 4, 2009

    LAILAHA ILLALLAH MUHAMMADARRASULULLAH

    Balas
  24. choer

     /  November 12, 2009

    q jd merinding dan sangat-sangat takut….//sepertinya butuh perjuangan yg sangat berat tuk sampai ke urutan 12 tapi kita harus berusaha….//sudah pasti urutan 12 adalah tempat yg indah dan abadi…//moga q bisa sampai urutan 12 amiiiin ya…rabbal alamiiinnn…..

    Balas
  25. tri widayanto

     /  Maret 3, 2010

    Pilih hal yang terbaik dengan menjalankan semua perintah Allah dan menjauhi semua larangannya…!!
    Insya Allah Kita msuk dalam Barisan yang ke 12…
    aMiin ya robalallamiiin

    Balas
  26. hamba ALLAH

     /  Juni 17, 2010

    bagaimana bila orang berbuat baik tetapi tidak sholat/puasa ???

    Balas
  27. M ISHAK

     /  Juli 28, 2010

    dalam artikel ini banyak terdapat tulisan “Allah saw” tolong di ralat menjadi “Allah swt”

    Terima kasih

    M ISHAK

    Balas
  28. Serem banget. Semoga kita dibarisan no 12. Amiiiinnnnn

    Balas
  29. sukamto

     /  Agustus 15, 2010

    semoga kita dikekalkan dalam iman dan islam sampai datangnya hari akhir.
    Ya…Alloh dekatkanlah kami dengan orang orang yang dekat dengan Engkau dan juhkanlah kami dari orang orang yang jauh dari engkau,ya Alloh berikan kami rahmat karna kami tau surgamu adalah untuk orang orang yang Engkau beri rahmat.amin

    Balas
  30. Moch Rifqie

     /  Oktober 17, 2010

    Marilah kita selalu mengevaluasi diri kita, ingatlah mati….ingatlah mati….ingatlah mati….jangan kita terlalu disibukkan dengan urusan dunia….perbanyaklah mengingat kejelekan kita, kedurhakaan kita, kelalaian kita, kedhliman kita…..niscaya kita akan menangis betapa kita orang yang lemah

    Balas
  31. Sri Mulyati

     /  Desember 11, 2010

    serem banget……marilah kita mengevaluasi diri kita…..izin copas ya…trim seblmnya..

    Balas
  32. M. Afif. M

     /  Maret 20, 2011

    Assalamu’alaikum…
    afwan sebelumnya,, saya mau nanya,, kan diartikel diatas itu ada hadits yah?
    namun ko ga ada riwayat nya,, bisa tolong dikasih tau tidak siapa yg meriwayatkannya? agar lebih jelas nih…
    mohon dibalas…

    Balas
  33. syarief hidayat

     /  Mei 21, 2011

    dicanttumkan sumbernya donk…jgn smp crt2 israiliyat ji

    Balas
  34. Keyzidan

     /  Agustus 23, 2011

    Mari rapatkan barisan lagi,,
    minimal di sholat subuh

    Balas
  35. subhanallah.sram sggh rasenya.oleh yg demikian,mrlah kta brramai2 memhon keampunan kpd allah s.w.t,agar kta dimskan dlm brisan ke-12.amin ya robbil a’lamin.

    Balas
  36. smoga kita smua orng muslim,hany br ad pd brisan yg k 12..,amiien

    Balas
  37. MASUK DIBARISAN MANA AKU ..???????

    Balas
  38. Ponco N

     /  Februari 23, 2012

    terasa meledak jantungku…bergemuruh hatiku…mejerit…..jiwaku…seakan lepas dari jasatku…Ya Allah…Ya Rasululloh…..

    Balas
  39. lahaula wa laa quwwata illa billahi al aliyyil adzim,,,

    Balas
  40. Ya Allah, mudah-mudahan kami termasuk barisan yang ke 12, Allahumma amiin

    Balas
  1. 12 Barisan di Alam Padang Mahsyar oleh Rasulullah SAW (via Kumpulan Artikel Cantik) « the journal of heart to heart

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: