Jomblo, Bisa Bikin Irit

Punya pacar kaya? Siapa sih yang tidak mau, pastinya mau apa saja bisa terwujud dengan mudah, mau beli barang yang kita suka, mau kencan di restoran mahal, bahkan selalu bisa pakai baju up to date. Tapi tunggu dulu, bagaimana jika tiba-tiba putus? Bisa bangkrut mendadak bahkan kehilangan arah finansial. Tapi banyak juga yang bilang kalau single malah (bisa) irit bin hemat lho..

Saat pacaran, bagi yang tidak memiliki kendaraan bisa santai aja diantar ke mana yang kita mau, tapi saat putus mau naik taksi aja harus berpikir dua kali. Apalagi yang punya hobi makan enak di restoran mahal, bakal tiba-tiba jadi ahli gizi karena perhitungan lemak (padahal harga yang dipikir!). Untuk yang tak mau ketinggalan nonton film di bioskop juga harus rela mengantri saat nomat (nonton hemat).

Memang jomblo bisa bikin berpikir dua kali untuk melakukan pengeluaran. Tapi dengan begitu, kita bisa lebih irit dan bisa mengontrol finansial sesuai kebutuhan, bukan keinginan. Pertama, kita harus jeli memikirkan rencana jangka pendek, misalnya saja untuk yang masih kuliah, pikirkan target utama yang harus diselesaikan, dengan status single tentunya lebih banyak waktu tersisa, bisa juga dengan mengambil kerja part time.

Untuk jangka menengah, kita bisa menciptakan target-target baru, dengan bekerja lebih giat untuk memperoleh promosi jabatan atau bonus, atau menambah waktu belajar lebih banyak agar cepat lulus kuliah. Semakin banyak pemikiran positif kala jomblo bisa menghasilkan energi yang luar biasa (terbukti!).

Sedangkan untuk jangka panjang, kita bisa memikirkan untuk mengembangkan karir lebih jauh, misalnya saja jika kita mengikuti usaha MLM (Multi Level Marketing), merencanakan beasiswa ke luar negeri, mengumpulkan modal yang lebih besar untuk usaha sendiri, bahkan mencari calon suami yang kaya raya. Tapi ingat, jangan terlalu muluk-muluk sehingga bikin depresi.

Saat masih pacaran, pengeluaran yang paling terasa adalah pulsa telepon, dan saat jomblo pengeluaran itu bakal bisa diiritkan lebih ketat. Komunikasi dengan teman bisa dilakukan cukup dengan SMS aja. Untuk beli baju pun jadi pikir-pikir, daripada up to date, mending bikin baju up grade, atau juga kita bisa menyumbangkan baju lama pada saudara maupun ke panti asuhan. Dengan begitu kita makin bisa berpikir dan menentukan prioritas utama.

Tak sedikit orang bilang bahwa hang out dengan teman lebih fun ketimbang pacaran berduaan. Dengan status single, kita bebas melakukan apa saja yang kita mau, camping bersama, nonton bareng, makan di restoran yang menyediakan makanan paketan, atau belanja di tempat buy one get one free. Pokoknya yang perlu diingat, kita hidup buat fun. Mau punya pacar atau jomblo, selama kita happy jalani aja apa yang kita mau.

Tinggalkan komentar

13 Komentar

  1. tul betul..! jomblo? siapa takut!

    Balas
  2. heuehu… setuju banget. Kalo punya pasangan ada positif & negatifnya begitu juga yang jomblo, sama yang jelas. Tapi keduanya bener” tergantung dari pelakunya ( dah kayak buronan !), ada yang merasa asyik ‘n enjoy karena udah punya pasangan & ada yg have fun aja buat nge-jomblo entah sampe kapan. Yang jelas bagi gw yang juga idem ama postingan diatas. Sekali jomblo tetep jomblolah( mikiran pasangannya ntar ajah..).

    Balas
  3. v-cho

     /  Desember 26, 2007

    iya memang, to aku kita ngk punya rasa suka apa mencintai ama yang kita sayangi.

    Balas
  4. Wah, betulll … JOMBLOitu INDAH… hahahaha… Pacaran? ntaran dulu dee…😛

    Balas
  5. Gilang

     /  Desember 28, 2007

    Wah…setubuh neh…JOMBLO itu asyik gila…
    bebas aza mo ngapain juga gak terikat ma sapapun…
    selain hemat uang juga hemat waktu…
    secar prinsip Q pacarn abizz nikah aza dech lebih asyik kayana tuh…

    Balas
  6. mita

     /  Maret 6, 2008

    setuju aj tapi q suka sama seseoorang gimana dong????
    tapi q gak mau pacaran?

    Balas
  7. boys

     /  Agustus 16, 2008

    wah…………………………… jomblo itu asyk apalagi kalau kita slalu beraktifitas kan tidak ada lagi aktivitas kit. kalau tidak uda punya pacar semua aktifitas kita tidak terfokus ke situ soalnya kcuman dia yang di pikirin apalagi slalu mau di jemput.

    sekaran pacaran tidak penting jadi kalau yang mau pacaran lebih tidak, kalau bisa langsun aj pada orang tua wanita yang kau sukai.

    okey bos?………………………… setuju atau tidak terserah kita…………………….???

    Balas
  8. kuntul

     /  September 10, 2008

    bener tugch jomlo emang enak ga ada yang ngatur pokonya bebas dech !!!!!!!!!!!!!!!!!!

    Balas
  9. Bener banget, Ketika Kita Pacaran emang lebih Boros…
    sebnrnya trgantung dari kita sndiri sih? mau serius ato ga. kl serius sih ga massalah

    Balas
  10. vitha

     /  September 24, 2009

    btul…!!!
    TYuh JOmbLO bukAN berArTI mNadi sebuh masalah bagi kita…

    Balas
  11. three

     /  Februari 11, 2010

    ehm…huhuuu…

    yg merasa jomblo wajib n kudu coment neh,,,hihiii^_*

    T.o.P bgttt..deh….

    Balas
  12. Sri Mulyati

     /  Desember 8, 2010

    bener banget enakan jomblo….ngak bnyak uang yg keluar……hehehe..

    Balas
  13. pipit

     /  Januari 18, 2011

    SETUJU!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: